Wednesday 18 May 2011

Cinta Empat Bab

 Novel ini bercerita tentang cinta segi empat yang terjaling antara  Ita, Yus, Jon dan Nin secara rumit dan tidak biasa. Ita, seorang wanita berumur 37 tahun, memiliki pekerjaan mapan sebagai redaktur di sebuah harian dan telah mempunyai suami, wisnu. Ditengah kekakuan rumah tangganya—ia berkenalan dan akrab dengan seorang penulis muda terkenal, Jon, yang usianya dua tahun lebih muda. Namun, ia memiliki hasrat cinta yang lebih kepada Yus, lelaki yang berusia 24 tahun yang baru belajar menulis. Ita pun memita Yus untuk bertemu disebuah wisma.

Yus, yang hanya memandang Ita sebagai salah satu gerbang bagi dunia kepenulisannya, agar karya-karya dapat dimuat. Mengalami tekanan batin atas cinta yang Ita berikan dan Idealismenya sebagai seorang penulis. Ia sebenarnya menambatkan hatinya terhadap Nin, seorang calon novelis berparas jelita lagi cerdas. Sayangnya, kini SMS yang dikirim untuk Nin tak pernah dibalas.

Nin adalah gadis muda dan segar yang masih duduk di semester dua—begitu memuja dan mengagumi sosok Jon, dan selalu menunggu SMS dan telpon darinya. Tak tertampikkan ia begitu senang bertemu dan berkonsultasi dengan Jon mengenai novelnya. Dia banyak belajar dari penulis handal itu.

***

Pembaca pasti sudah dapat meraba sedikit, tentang menu utama yang disajikan dalam sebuah novel karya Hermawan Aksan ini melalui judul dan sinopsi yang ditawarkan. Salah satu point kuat dalam novel ini yaitu penulis mampu memberikan sentuhan yang kuat dan detail mengenai karakter tokoh sehingga semakin menarik untuk disimak halaman demi halaman.

Rumitnya kisah cita segi empat ini menyimpan misteri yang membuat penasaran, meski endingnya terasa begitu sederhana. Cinta Empat Bab ini, tidak hanya menyoroti sisi percintaan sang tokoh tetapi juga memberikan bumbu-bumbu nasehat dan pelajaran tentang dunia kepenulisan, jika pembaca tertarik untuk terjung dalam dunia ini.

Ini bukan sekedar Novel semata dikarenakan sang penulis, Hermawan Aksan, memaparkan beberapa cerpennya yang telah dimuat disejumlah media cetak. Fiksi komplikasi ini tidak hanya mengangkat cerita tentang percintaan saja, tetapi juga tentang kritik sosial dan mitos-mitos dalam masyarakat.

Singkatnya, novel Cinta Empat Bab sangat dianjurkan untuk dibaca terlepas dari cerita cinta yang rumit dan beberapa Cerpen. Pembaca pun dapat memetik pelajaran tentang kepenulisan dan mengecap indahnya warna-warni kehidupan yang terampung dalam buku ini.

No comments: